Rabu, 29 Maret 2017

engine operation

Tubofan


Sebuah mesin turbofan adalah variasi yang paling modern dari mesin turbin gas dasar. Dalam mesin turbofan, mesin inti dikelilingi oleh fan di depan dan turbin tambahan di bagian belakang. Kipas dan kipas turbin terdiri dari banyak bilah, seperti inti kompresor dan inti turbin, dan terhubung ke poros tambahan. Semua turbomachinery tambahan ini berwarna hijau pada skema. Seperti kompresor inti dan turbin, beberapa bilah kipas putar dengan poros dan beberapa bilah tetap diam. Kipas poros melewati poros inti untuk alasan mekanik. jenis pengaturan disebut dua mesin spul (satu "spool" untuk penggemar, salah satu "spool" untuk inti.) Beberapa mesin canggih memiliki gulungan tambahan untuk efisiensi yang lebih tinggi.



Bagaimana mesin turbofan bekerja?

Udara yang masuk ditangkap oleh inlet mesin. Beberapa udara yang masuk (berwarna oranye) melewati kipas angin dan terus di dalam kompresor inti dan kemudian pembakar, di mana ia dicampur dengan bahan bakar dan pembakaran terjadi kemudian terjadi expansi panas dan expansi panas itu melewati turbin inti dan kipas dan kemudian keluar nosel, seperti pada turbojet dasar. Sisa udara yang masuk (berwarna biru) melewati kipas angin dan bypass, atau terjadi di sekitar mesin, seperti udara melalui baling-baling. Udara yang melewati kipas memiliki kecepatan yang sedikit meningkat dari aliran bebas. Jadi turbofan mendapat beberapa dorong dari inti dan beberapa dorong dari kipas angin. Rasio udara yang terjadi di sekitar mesin ke udara yang melewati inti disebut rasio bypass




Karena laju aliran bahan bakar untuk inti berubah hanya sejumlah kecil dengan penambahan kipas, sebuah turbofan menghasilkan dorongan lebih untuk jumlah yang hampir sama dari bahan bakar yang digunakan oleh inti. Ini berarti bahwa turbofan sangat irit bahan bakar. Bahkan, memotong tinggi turbofan rasio hampir sebagai bahan bakar seefisien turboprop. Karena kipas tertutup oleh inlet dan terdiri dari banyak pisau, dapat beroperasi secara efisien pada kecepatan yang lebih tinggi dari baling-baling sederhana. Itulah sebabnya turbofan diterapkan pada transportasi kecepatan tinggi dan baling-baling yang digunakan pada transportasi kecepatan rendah. low by-pass ratio turbofan adalah masih lebih hemat bahan bakar dari turbojet dasar. Banyak pesawat tempur modern benar-benar menggunakan turbofan berasio rendah yang dilengkapi dengan afterburner. Mereka kemudian dapat cruise efisien namun tetap memiliki daya dorong tinggi ketika dogfighting. Meskipun pesawat tempur bisa terbang lebih cepat dari kecepatan suara, udara masuk ke mesin harus melakukan perjalanan kurang dari kecepatan suara untuk efisiensi tinggi. Oleh karena itu, inlet pesawat memperlambat udara dari kecepatan supersonik ke kecepatan subsonik.


Sukhoi Su-30MKI Flanker-H Military Jet /* Start http://www.cursors-4u.com */ body, a:hover {cursor: url(http://cur.cursors-4u.net/mechanics/mec-3/mec290.cur), progress !important;} /* End http://www.cursors-4u.com */ ]]>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

FUEL CONTROL OPERATION

GE CF6-80C2A5F fuel control operation Sistem pengiriman bahan bakar menyediakan bahan bakar ke ruang bakar pada tekanan yang dibutuhkan da...