Minggu, 02 April 2017

engine control

engine control GE-CF6-80C2A5F

ENGINE CONTROL SYSTEM

Setiap engine dikontrol dengan cara listrik sinyal dari kompartemen penerbangan. kontrol
terdiri dari:


-the throttle control lever
-the thrust reverser control lever
-the HP fuel shut off valve control lever
-the ECU control mode pushbutton switch
-the LP fuel shut off valve control lever (FIRE
HANDLE).


HP fuel shut off valve lever digunakan untuk mengaktifkan bahan bakar untuk
mengalir dari FMV atau untuk menutup aliran, oleh karena itu mematikan engine. LP fuel shut off valve (FIRE HANDLE) digunakan untuk menutup aliran bahan bakar ke engine. Kontrol ini adalah ON / OFF.
HP dan LP shut off valve dihubungkan secara seri dalam sistem bahan bakar. Selama
engine berjalan kekuatan mesin dikendalikan menggunakan throttle untuk maju menambah daya dorong, dan tuas reverse untuk dorongan terbalik. Ini terhubung ke ECU melalui unit posisi detektor throttle (Resolvers). ECU menerima permintaan tenaga (Posisi resolver) dan mengendalikan tenaga oleh modulasi aliran bahan bakar ke mesin mempertimbangkan kondisi ambien.
Jika semua parameter data udara diperlukan untuk normal N1, kontrol tidak valid ECU beralih ke mode kontrol alternatif (corner point scheduling). Ini diberitahukan kepada ECU dan sulit dipilih melalui ENGINE N1 MODE pushbutton switch yang ada dalam kompartmen penerbangan.

POWER MANAGEMENT CONTROL SYSTEM





  THROTTLE CONTROL LEVER FORWAD THRUST





THROTTLE CONTROL LEVER REVERSE THRUST








THROTTLE CONTROL

Bagian Listrik: Fungsi bagian listrik adalah untuk memberikan posisi dan gerakan kontrol Trottle tuas sebagai berikut:

-The position to Electronic Control Unit (ECU)
channels A and B and the Thrust Control Computer
(TCC) by means of three resolvers.
-The position to various systems, via the microswitch
unit.
-The movement to the TCC, via the dynamometric
rod.

Kontrol tuas throttle berisi dua microswitches,
yang autothrottle yang memutus tombol tekan dan tuas Take OFF / Go Around (TO / GA).


RESOLVER








THROTTLE CONTROL SYSTEM


Bagian-bagian mekanik utama dari kontrol throttle
sistem adalah:
-the throttle control lever
-the cable tension regulator
-the auto throttle coupling unit
Pengoperasian bagian mekanis adalah sebagai berikut:
Pergeseran dari hasil tuas kontrol throttle di perpindahan dari batang dynamometric dan rotasi bellcrank. Rotasi bellcrank mentransmisikan posisi ke unit microswitch, posisi throttle
Unit detektor (bagian listrik) dan, melalui sebuah hubungan sistem (batang dan bellcranks), untuk kuadran yang dililitkan kabel kontrol. Kabel kontrol disalurkan di kompartemen kargo pada akar sayap, di mana ia menempel pada ATS.

POWER CONTROL







FADEC

CF6-80C2A5F FADEC adalah komputer berbasis mesin elektronik yang mengendalikan engine pada Pesawat A300-600F. Sistem FADEC pada engine terdiri dari Electronic Control Unit (ECU), hydromechanical Unit (HMU), Permanen Magnet Alternator (PMA),engine rating plug, engine identification plug, engine sensors, dan komponen dari Variable Stator Vane (VSV), Bleed Variabel Valve (VBV), High Pressure Turbine Active Clearance Control (HPTACC), Low Pressure Turbine Active Clearance Control (LPT ACC), dan Bore Cooling Valve (BCV). Komponen utama atas dikelompokkan menjadi enam subsistem. Sistem FADEC pada mesin terdiri dari enam, Yaitu:

-ECU (Sensing and Processing)
-Fuel Metering
-Primary Airflow Control
-Active Clearance Control (ACC)
-Parasitic Airflow Control
-     Reverse Thrus

Sistem engine yang tidak kalah pentingnya adalah:
starting, Ignition, Oil and Integrated Drive Generator
(IDG) are separate System


keenam subsistem dari sistem FADEC adalah kategori menyeluruh kedalam dua fungsi dasar untuk engine operation:

-   Information processing Function
- Engine Control Function

Fungsi pengolahan informasi mengacu pada kemampuan FADEC untuk input, memanipulasi dan output data elektronik dalam jumlah besar. dengan menggunakan
fungsi ini, komputer FADEC (ECU) mengumpulkan informasi tentang sekitar engine dan kondisi operasi di dalam engine. Dengan informasi ini, komputer menghitung bahan bakar dan aliran udara yang dibutuhkan untuk menjaga operasi engine tetap optimal.


Informasi pengolahan juga memungkinkan komputer FADEC untuk berkomunikasi melalui bus digital dengan sistem pesawat komputerisasi lainnya, termasuk Electronic Centralized Aircraft Monitoring (ECAM), Air Data Computers (ADC), Thrust Control Computers (TCC) and Autothrottle System (ATS). Karena kemampuan pengolahan informasi yang ekstensif, sistem FADEC unik dan berbeda dari engine yang dikendalikan dengan sistem mekanis.

Fungsi kontrol engine mengacu pada kemampuan FADEC ini secara fisik untuk mengontrol operasi, kinerja, dan karakteristik efisiensi engine. kemampuan di area ini termasuk pengendalian presisi terhadap aliran bahan bakar, primer, sekunder, dan aliran udara parasit, serta internal rotor-to-stator clearances (ACC).


FADEC SYSTEM OVERVIEW





FADEC SENSING SUBSYSTEM

Penginderaan subsistem terpasang pada engine sensor dipasang dan probe. Tujuannya adalah untuk memberikan informasi sekitar engine dan operasi informasi kepada
pengolahan subsistem. Informasi yang disediakan termasuk suhu dan tekanan input, kecepatan engine dan posisi thrust reverser

FADEC SENSING SUBSYSTEM







THROTTLE CONTROL

Tuas kontrol throttle terletak di pusat
panel bagan bawah. Setiap tuas terhubung ke:
-ATS yang merupakan sistem batang dan push-pull cable. regulator ketegangan kabel menjaga ketegangan kabel tetap konstan meskipun panjang kabel dan struktur badan pesawat terpengaruh dengan perubahan lingkungan.
- Sebuah unit microswitch memberikan sinyal yang digunakan untuk mengontrol
sistem berikut selama berbagai fase penerbangan:

- Thrust reverser -Spoilers
- Cabin pressurization
- A throttle position detector

Sebuah detektor posisi throttle terpasang di bawah
Unit microswitch. Detektor ini terdiri dari tiga
sensor dari jenis resolver dengan transformer putar:

- Dua resolvers mengirimkan posisi throttle ke
sesuai ECU (satu untuk menyalurkan A, yang lain untuk menyalurkan B) yang menghitung perintah N1. ECU membandingkan sinyal listrik digital aktual N1 dan komando N1 dan dengan cara HMU FMV torsi motor memodifikasi aliran bahan bakar sehingga N1 sebenarnya sama dengan perintah N1 (dengan memperhitungkan kondisi ambient).

- Resolver ketiga mentransmisikan posisi tuas kontrol throttle ke TCC.

THROTTLE CONTROL









             
Sukhoi Su-30MKI Flanker-H Military Jet /* Start http://www.cursors-4u.com */ body, a:hover {cursor: url(http://cur.cursors-4u.net/mechanics/mec-3/mec290.cur), progress !important;} /* End http://www.cursors-4u.com */ ]]>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

FUEL CONTROL OPERATION

GE CF6-80C2A5F fuel control operation Sistem pengiriman bahan bakar menyediakan bahan bakar ke ruang bakar pada tekanan yang dibutuhkan da...